?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2113024067&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+GUIDED+INQUIRY+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM&rft.creator=PUTRI+MEGA%2C+PRATIWI&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Kemampuan+berpikir+kritis+merupakan+aspek+penting+yang+harus+dimiliki+oleh+peserta+didik+untuk+menghadapi+tantangan+abad+ke-21.+Namun%2C+faktanya+menunjukan+bahwa+kemampuan+berpikir+kritis+peserta+didik+di+Indonesia+masih+tergolong+rendah.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penerapan+model+Guided+Inquiry+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+pada+materi+perubahan+iklim+di+kelas+X+SMA+Taruna+Gajah+Mada+Metro.+Penelitian+ini+menggunakan+metode+quasi+experiment+atau+eksperimen+semu+dengan+desain+non-equivalent+control+group+design%2C+di+mana+sampel+dibagi+menjadi+dua+kelompok%2C+yaitu+kelompok+eksperimen+dan+kelompok+kontrol.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+X+di+SMA+Taruna+Gajah+Mada+Metro.+Pengambilan+sampel+dilakukan+menggunakan+teknik+purposive+sampling%2C+dengan+kelas+X.3+sebagai+kelompok+eksperimen+dan+kelas+X.4+sebagai+kelompok+kontrol.+Data+penelitian+terdiri+dari+data+kuantitatif+yang+diperoleh+melalui+tes+untuk+mengukur+kemampuan+berpikir+kritis%2C+serta+data+kualitatif+yang+diperoleh+dari+angket+respon+siswa+terhadap+model+Guided+Inquiry.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penggunaan+model+Guided+Inquiry+memberikan+pengaruh+yang+signifikan+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+siswa%2C+yang+dibuktikan+melalui+uji+Independent+Sample+T-test+dengan+nilai+signifikansi+(2-tailed)+sebesar+0%2C01+%3C+0%2C05.+Peningkatan+skor+N-Gain+pada+kelas+eksperimen+mencapai+0%2C68+(kategori+sedang)%2C+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+yang+hanya+mencapai+rata-rata+N-Gain+sebesar+0%2C20+(kategori+rendah).+Selain+itu%2C+hasil+angket+menunjukkan+tanggapan+positif+dari+siswa+terhadap+penerapan+model+Guided+Inquiry%2C+dengan+rata-rata+persentase+sebesar+91%2C88%25+(kategori+sangat+baik).+Berdasarkan+temuan+tersebut%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+penerapan+model+Guided+Inquiry+secara+signifikan+berkontribusi+dalam+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis+peserta+didik+pada+pembelajaran+materi+perubahan+iklim.%0D%0AKata+Kunci+%3A+Guided+Inquiry%2C+Kemampuan+Berpikir+Kritis%2C+Perubahan+Iklim&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-06-10&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89473%2F1%2FABSTRAK_PUTRI%2520M.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89473%2F2%2FSkripsi%2520tanpa%2520lampiran_PUTRI%2520M.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89473%2F3%2Fskripsi%2520full%2520tanpa%2520bab%25204%2520dan%2520lampiran_PUTRI%2520M.pdf&rft.identifier=++PUTRI+MEGA%2C+PRATIWI++(2025)+PENGARUH+MODEL+GUIDED+INQUIRY+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89473%2F