<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01)"^^ . "Perkembangan teknologi telah membawa perubahan pada berbagai aspek\r\nkehidupan, termasuk komunikasi dan bisnis sehingga pelaku UMKM diharuskan\r\ndapat berpikir kreatif dan inovatif. Instagram menjadi salah satu platform digital\r\npopuler yang digunakan pelaku UMKM untuk mempromosikan produk secara\r\nvisual. UMKM @sindycake01 secara aktif menampilkan konten kue tart dengan\r\ndesain kreatif dan estetik sebagai bagian dari strategi promosi berbasis visual.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi elemen visual yang\r\ndigunakan dalam desain kue tart @sindycake01 serta memahami bagaimana\r\nGenerasi Z memaknai desain tersebut sebagai preferensi konsumsi. Penelitian ini\r\nmenggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui\r\nobservasi, dokumentasi, studi pustaka, dan wawancara dengan enam informan yang\r\nmerupakan pengikut akun @sindycake01 yang tergolong Generasi Z. Hasil\r\npenelitian menunjukkan bahwa desain komunikasi visual berdasarkan Teori\r\nGestalt: prinsip figure-ground didapatkan melalui kontras warna dan bentuk,\r\nprinsip similarity berdasarkan desain yang realistis menciptakan kedekatan\r\nemosional, dan prinsip proximity menciptakan kesan harmonis dan terorganisir\r\nmelalui kedekatan antar elemen. Hal ini menunjukkan bahwa visualisasi konten\r\nberperan penting dalam membentuk preferensi Generasi Z, terutama pada desain\r\nkue yang memerhatikan prinsip-prinsip Teori Gestalt seperti kue bertema anime\r\ndan mi ayam. Adanya kombinasi antara pendekatan desain yang kuat dan relevansi\r\nterhadap minat informan menjadi kunci utama dalam membentuk preferensi visual\r\ndan keputusan pemilihan suatu produk\r\nKata kunci: Desain Komunikasi Visual, Instagram, Generasi Z, Instagram, Kue\r\nTart Unik, Preferensi\r\n\r\nTechnological advancements have brought changes to various aspects of life,\r\nincluding communication and business, prompting UMKM actors to think\r\ncreatively and innovatively. Instagram has become one of the most popular digital\r\nplatforms used by UMKMs to visually promote their products. The UMKM\r\n@sindycake01 actively showcases tart cakes with creative and aesthetic designs as\r\npart of a visual-based promotional strategy. This study aims to analyze the\r\nrepresentation of visual elements used in the tart cake designs of @sindycake01 and\r\nto understand how Generation Z interprets these designs as part of their\r\nconsumption preferences. This research uses a qualitative approach. Data\r\ncollection techniques include observation, documentation, literature review, and\r\ninterviews with six informants who are followers of the @sindycake01 account and\r\ncategorized as Generation Z. The results show that visual communication design\r\nbased on Gestalt Theory is reflected through the figure-ground principle using\r\ncolor and shape contrast, the similarity principle through realistic designs that\r\ncreate emotional closeness, and the proximity principle through the arrangement\r\nof elements that generates a harmonious and organized impression. It shows that\r\nvisual content plays an important role in shaping Generation Z’s preferences,\r\nespecially in cake designs that apply Gestalt principles, such as anime-themed and\r\nchicken noodle cakes. The combination of a strong design approach and relevance\r\nto the informants’ interests is the key to forming visual preferences and influencing\r\nproduct selection decisions.\r\nKeywords: Generation Z, Instagram, Preference, Unique Tart Cake, Visual\r\nCommunication Design"^^ . "2025-06-11" . . . . . "FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK"^^ . . . . . . . "Chandrakanti "^^ . "Nabilla Praba "^^ . "Chandrakanti Nabilla Praba "^^ . . . . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (File PDF)"^^ . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM\r\nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z\r\nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK\r\n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #89477 \n\nANALISIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL POSTINGAN INSTAGRAM \nDAN DAMPAKNYA PADA PREFERENSI GENERASI Z \nDALAM MEMILIH KUE TART UNIK \n(STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @SINDYCAKE01)\n\n" . "text/html" . . . "300 Ilmu sosial" . . . "380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi" . .