%A OKTAVIANI HIDAYAT DEWI %T PERSEPSI MAHASISWA PPKn TERHADAP KONTEN NEGATIF DI MEDIA SOSIAL %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terhadap konten negatif di media sosial. Media sosial sebagai sarana komunikasi modern tidak hanya menyebarkan informasi positif, tetapi juga rentan terhadap penyebaran konten negatif seperti ujaran kebencian, hoaks, dan kekerasan verbal. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PPKn FKIP Universitas Lampung angkatan 2022?2024, dengan jumlah sampel sebanyak 63 responden yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai instrumen utama dan wawancara sebagai pendukung untuk memperdalam temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap konten negatif di media sosial berada pada kategori cukup baik. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memahami dampak negatif dari konten tersebut serta memiliki kesadaran untuk bersikap kritis dalam menerima dan menyebarkan informasi. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti kemampuan literasi digital dan keterlibatan aktif dalam menanggulangi penyebaran konten negatif. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi institusi pendidikan dalam meningkatkan kesadaran digital dan etika bermedia sosial di kalangan mahasiswa. Kata kunci: Persepsi, Mahasiswa PPKn, Konten Negatif, Media Sosial This study aims to determine the perceptions of students in the Civic Education (PPKn) Study Program regarding negative content on social media. As a modern communication platform, social media not only disseminates positive information but is also vulnerable to the spread of negative content such as hate speech, hoaxes, and verbal violence. This research employed a quantitative method with a descriptive approach. The subjects were students of the Civic Education Study Program at the Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung (FKIP Unila), from the 2022?2024 cohorts, with a sample of 63 respondents selected purposively. Data were collected using questionnaires as the main instrument and interviews as a supporting tool to gain deeper insights. The results showed that students? perceptions of negative content on social media were categorized as fairly good. Students demonstrated the ability to identify and understand the negative impacts of such content and showed awareness in critically responding to and sharing information. However, certain aspects still require improvement, such as digital literacy skills and active engagement in countering the spread of negative content. These findings are expected to serve as input for educational institutions in enhancing digital awareness and promoting ethical social media use among students. Keywords: Perception, Civic Education Students, Negative Content, Social Media %C Universitas Lampung %D 2025 %I KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints89495