title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK ASAM-BASA ARRHENIUS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA SIMBOLIK DAN PEMODELAN MATEMATIK SISWA SMA creator: 0743023027, Isnawati subject: description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran problem solving pada materi pokok asam-basa Arrahenius dalam meningkatkan keterampilan berbahasa simbolik dan pemodelan matematik siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Natar semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 3 sebagai sampel, dengan pertimbangan kedua kelas tersebut memiliki karakteristik yang hampir sama. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran problem solving diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan berbahasa simbolik untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,01 dan 0,31; dan rata-rata n-Gain keterampilan pemodelan matematik untuk kelas kontrol dan eksperimen masing- masing 0,22 dan 0,34. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran problem solving memiliki keterampilan berbahasa simbolik dan pemodelan matematik yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembel- ajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa simbolik dan pemodelan matematik siswa. Kata kunci: pembelajaran problem solving, keterampilan berbahasa simbolik, keterampilan pemodelan matematik. date: 2012-06-15 type: Skripsi type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/1/1.%20COVER.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/2/2.%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/3/3.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/4/4.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/5/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/6/8.%20PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/7/9.%20MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/8/10.%20SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/9/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/10/12.%20DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/11/13.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/12/pengesahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/13/PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/14/Bab%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/15/Bab%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/16/Bab%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/17/bab%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/18/Bab%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8950/19/Daftar%20Pustaka.pdf identifier: 0743023027, Isnawati (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK ASAM-BASA ARRHENIUS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA SIMBOLIK DAN PEMODELAN MATEMATIK SISWA SMA. UNSPECIFIED. relation: http://digilib.unila.ac.id/8950/