title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA creator: 0743023036, Mimi Sundari subject: description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E pada materi reaksi reduksi-oksidasi untuk meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa. Model pembelajaran Learning Cycle 3E yang digunakan terdiri dari 3 fase, yaitu : (1)exploration, (2) explanation, (3)elaboration. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Gadingrejo semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 yang berjumlah 248 siswa, kemudian ditentukan sampel dalam penelitian adalah kelas X kelas X 2 4 sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol yang memiliki karakteristik hampir sama. Pene- litian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan perbedaan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 0,75 dan 0,50; dan rerata n-gain penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 0,42 dan 0,37. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan model pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki keterampilan menyimpulkan yang lebih tinggi diban- dingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan. Namun demikian pada penguasaan konsepnya, kelas eksperimen memiliki penguasaan konsep yang lebih rendah dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: pembelajaran Learning Cycle 3E, keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep date: 2012-03-04 type: Skripsi type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/1/1.%20COVER.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/2/12.%20DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/3/13.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/4/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/5/COVER%202.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/7/MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/8/MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/9/PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/10/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/11/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/13/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/14/BAB%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/15/bab%202.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/16/bab%203.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/17/bab%204%20fix.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/18/bab%205.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8952/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: 0743023036, Mimi Sundari (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA. UNSPECIFIED. relation: http://digilib.unila.ac.id/8952/