?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2113024031&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+ARGUMENT-DRIVEN+INQUIRY+(ADI)+BERBANTUAN+PHET+SIMULATION+TERHADAP+KEMAMPUAN+COMPUTATIONAL+THINKING+PESERTA+DIDIK+KELAS+VII+PADA%0D%0AMATERI+PERUBAHAN+IKLIM&rft.creator=FRANCISCA+SHANTI%2C+ANGGRAINI&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+Argument-Driven+Inquiry+(ADI)+berbantuan+PhET+Simulation+terhadap+kemampuan+computational+thinking+peserta+didik+pada+materi+pokok+Perubahan+Iklim+dan+tanggapan+peserta+didik+mengenai+model+ADI+berbantuan+PhET+simulation.+Populasi+dalam+penelitian+ini+yaitu+peserta+didik+kelas+VII+SMPN+28+Bandar+Lampung+semester+genap+tahun+ajaran+2024%2F2025.+Sampel+dalam+penelitian+ini+adalah+peserta+didik+kelas+VII+C+sebagai+kelas+kontrol+dan+kelas+VII+A+sebagai+kelas+eksperimen+dengan+masing-masing+berjumlah+32+peserta+didik+yang+dipilih+dengan+teknik+cluster+random+sampling.+Data+kuantitatif+diperoleh+melalui+tes+dan+dianalisis+menggunakan%0D%0AIndependent+sample+t-test%2C+sedangkan+data+kualitatif+diperoleh+dari+angket+tanggapan+dan+dianalisis+secara+deskriptif.+Hasil+penelitian+menunjukkan+adanya+perbedaan+signifikan+pada+nilai+N-Gain+(P%3E0%2C05)+antara+kelas+yang+menggunakan+model+ADI+berbantuan+PhET+Simulation+dengan+model+Discovery+Learning+terhadap+kemampuan+computational+thinking+peserta+didik.+Indikator+tertinggi+di+kedua+kelas+adalah+abstraksi%2C+dengan+N-Gain+0%2C68+(eksperimen)+dan+0%2C66+(kontrol)%3B+indikator+terendah+adalah+algoritma+dengan+N-Gain+0%2C31+(eksperimen)+dan+0%2C16+(kontrol).+Berdasarkan+hasil+angket+tanggapan+peserta+didik%2C+didapatkan+rata-rata+persentase+87%2C22%25+yang+menunjukkan+bahwa+model+ADI+berbantuan+PhET+Simulation+phET+Simulation+baik+digunakan+untuk+meningkatkan+kemampuan+computational+thinking+peserta+didik.%0D%0AKata+kunci%3A+Argument-Driven+Inquiry+(ADI)+Berbantuan+PhET+Simulation%2C+Kemampuan+Computational+Thinking%2C+Perubahan+Iklim&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-06-13&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89531%2F1%2Fabstrak_frans.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89531%2F2%2Fskripsi%2520full%2520tanpa%2520lampiran_frans.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89531%2F3%2Fskripsi%2520full%2520tanpa%2520lampiran%2520dan%2520bab%25204_frans_.pdf&rft.identifier=++FRANCISCA+SHANTI%2C+ANGGRAINI++(2025)+PENGARUH+MODEL+ARGUMENT-DRIVEN+INQUIRY+(ADI)+BERBANTUAN+PHET+SIMULATION+TERHADAP+KEMAMPUAN+COMPUTATIONAL+THINKING+PESERTA+DIDIK+KELAS+VII+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89531%2F