%0 Generic %A FRANCISCA SHANTI, ANGGRAINI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89531 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM %U http://digilib.unila.ac.id/89531/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Argument-Driven Inquiry (ADI) berbantuan PhET Simulation terhadap kemampuan computational thinking peserta didik pada materi pokok Perubahan Iklim dan tanggapan peserta didik mengenai model ADI berbantuan PhET simulation. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMPN 28 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing berjumlah 32 peserta didik yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan Independent sample t-test, sedangkan data kualitatif diperoleh dari angket tanggapan dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada nilai N-Gain (P>0,05) antara kelas yang menggunakan model ADI berbantuan PhET Simulation dengan model Discovery Learning terhadap kemampuan computational thinking peserta didik. Indikator tertinggi di kedua kelas adalah abstraksi, dengan N-Gain 0,68 (eksperimen) dan 0,66 (kontrol); indikator terendah adalah algoritma dengan N-Gain 0,31 (eksperimen) dan 0,16 (kontrol). Berdasarkan hasil angket tanggapan peserta didik, didapatkan rata-rata persentase 87,22% yang menunjukkan bahwa model ADI berbantuan PhET Simulation phET Simulation baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan computational thinking peserta didik. Kata kunci: Argument-Driven Inquiry (ADI) Berbantuan PhET Simulation, Kemampuan Computational Thinking, Perubahan Iklim