TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints89543 UR - http://digilib.unila.ac.id/89543/ A1 - BEFRI, RAHIKMAH Y1 - 2025/05/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media papan edukasi geometri terhadap konsep mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Dwi Tunggal. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pengenalan bentuk geometri pada anak usia dini sebagai bagian dari perkembangan kognitif mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental. Sampel penelitian terdiri dari 33 anak yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media papan edukasi geometri dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media tersebut. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk mengukur pemahaman anak sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman anak terhadap bentuk geometri setelah menggunakan media papan edukasi. Rata-rata skor pretest adalah 48,76, sedangkan rata-rata skor posttest meningkat menjadi 80,35. Uji hipotesis menggunakan paired samples t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05, yang mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media papan edukasi geometri berpengaruh positif terhadap kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam pendidikan anak usia dini. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MEDIA PAPAN EDUKASI GEOMETRI TERHADAP KONSEP MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DWI TUNGGAL AV - restricted ER -