%0 Generic %A 0743023045 , Ralek Pirdana %D 2012 %F eprints:8956 %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS %U http://digilib.unila.ac.id/8956/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran Learning Cycle 3E pada materi pokok kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keterampilan berpikir kiritis siswa SMA Negeri 1 Natar. Efektivitas model pem- belajaran Learning Cycle 3E diukur dengan nilai rata-rata gain yang ternormalisa- si. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar yang tersebar dalam lima kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sampai dengan kelas XI IPA 5. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposif sampling, yang didasarkan pada nilai uji blok tentang materi termokimia. Sampel pada penelitian ini kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperi- men. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest- posttest nonequivalent control group design. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji Mann-Whitney U. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa nilai rata-rata N-gain keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Natar yang diterapkan pembelajaran Learning Cycle 3E lebih tinggi daripada siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E pada materi pokok kesetimbangan kimia efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci: model pembelajaran Learning Cycle 3E, keterampilan berpikir kritis.