title: PENGARUH METODE MENDONGENG TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN creator: SHONIA , AMANDA subject: 300 Ilmu sosial subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mendongeng terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 Tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 anak yang berusia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi. Pada hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor NGain sebesar 0,5 yang berarti bahwa pengaruh metode mendongeng terhadap kemampuan menyimak pada anak usia 4-5 tahun berada pada kategori sedang. Kemudian pada data penelitian diuji menggunakan uji hipotesis dan diperoleh nilai sebesar 0,000. Nilai tersebut kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif antara metode mendongeng terhadap kemampuan menyimak pada anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci: metode mendongeng, kemampuan menyimak, anak usia dini publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-05-08 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89561/1/ABSTRAK%20%2817%29.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89561/2/SKRIPSI%20FULL%20%2832%29.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89561/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20%2819%29.pdf identifier: SHONIA , AMANDA (2025) PENGARUH METODE MENDONGENG TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/89561/