%0 Generic %A SHONIA , AMANDA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89561 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH METODE MENDONGENG TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN %U http://digilib.unila.ac.id/89561/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mendongeng terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 Tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 anak yang berusia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi. Pada hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor NGain sebesar 0,5 yang berarti bahwa pengaruh metode mendongeng terhadap kemampuan menyimak pada anak usia 4-5 tahun berada pada kategori sedang. Kemudian pada data penelitian diuji menggunakan uji hipotesis dan diperoleh nilai sebesar 0,000. Nilai tersebut kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif antara metode mendongeng terhadap kemampuan menyimak pada anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci: metode mendongeng, kemampuan menyimak, anak usia dini