title: PENERAPAN MODUL AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR creator: SALSABILA , PUTRI subject: 300 Ilmu sosial subject: 372 Pendidikan dasar subject: 607 Pendidikan, riset, topik terkait description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik kelas IV SD IT Smart Insani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan modul ajar berbasis contextual teaching and learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD IT Smart Insani. Metode penelitian menggunakan quasi exsperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik berjumlah 97 peserta didik dengan sampel sebanyak 48 peserta didik yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknis tes dan non tes. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh penerapan modul ajar berbasis contextual teaching and learning terhadap kemampuan literasi sains pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD IT Smart Insani. Kata Kunci: contextual teaching and learning, literasi sains, modul ajar. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-06-05 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89562/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89562/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89562/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMB%20AHASAN.pdf identifier: SALSABILA , PUTRI (2025) PENERAPAN MODUL AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/89562/