title: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI creator: INDAH, MEILANI subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat anak yang belum bisa memahami tentang bentuk dari bangun geometri dan membedakan bentuk geometri persegi dengan persegi panjang, segitiga dan layang-layang pada anak usia 4-5 tahun di TK Kelurahan Kresnowidodo Kecamatan Tegineneng. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality pada anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest two control group design. Populasi penelitian berjumlah 80 anak kelas A usia 4-5 tahun sehingga sampel penelitian ini 50 anak dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan uji non parametrik Mann Whitney U. Hasil penelitian didapatkan bahwa H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Kata kunci: bentuk geometri, augmented reality, anak usia dini publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2025-05-28 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89563/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89563/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89563/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: INDAH, MEILANI (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/89563/