%0 Generic %A Kadek, Eli %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89572 %I KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/89572/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika dan peserta didik yang kurang terlibat aktif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project-based learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Kibang, Kecamatan Metro Kibang, Lampung Timur Tahun Ajaran 2024/2025 semester genap. Metode pada penelitian ini adalah pre-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kibang, Lampung Timur yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Uji hipotesis menggunakan uji sample paired t-test. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai sig (2 tailed) 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model project-based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri. Kata kunci: model project-based learning, matematika, hasil belajar.