@misc{eprints8958, month = {Juni}, title = {EFEKTIVITAS MODEL SIKLUS PEMBELAJARAN PDEODE DALAM MATERI LARUTAN ELEKROLIT DAN NON-ELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI}, author = {Vanessa Nurul Ainy 0743023057}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/8958/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model siklus pembelajaran PDEODE pada materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Model pembelajaran PDEODE yang digunakan terdiri dari enam tahap kegiatan belajar yaitu, prediksi, diskusi, penjelasan, observasi, diskusi, dan penjelasan. Sampel penelitian ini adalah siswa siswi kelas X 2 dan X SMA Persada Bandar Lampung semester Ganjil Tahun Pelajaran 20112012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposif sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (pretestpostest)Control Group Design. Efektivitas model PDEODE diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata nGain keterampilan berkomunikasi untuk kelas kontrol dan eksperimen masingmasing 0,41 dan 0,52. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan model PDEODE memiliki keterampilan berkomunikasi yang lebih tinggi daripada kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model PDEODE lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi larutan elektrolit dan nonelektrolit. 3 Kata kunci: model siklus PDEODE, keterampilan berkomunikasi.} }