TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints89586 UR - http://digilib.unila.ac.id/89586/ A1 - DAVINA, SYAFA KAMILA Y1 - 2025/06/02/ N2 - Remaja kelahiran 1997-2012 (Gen-Z) menjadi pengguna terbesar Internet di Indonesia yakni sebanyak 34,40% dari total pengguna. Instagram menjadi media sosial dengan pengguna aktif terbanyak kedua di Indonesia, yakni 85,3% dari 139 juta orang pada Januari 2024. Instagram memfasilitasi penggunanya dengan berbagai fitur untuk mendapatkan keuntungan, misalnya membangun personal branding. Sayangnya, penggunaan Instagram belum maksimal di kalangan remaja yang salah satunya bisa disebabkan oleh citra diri (cara pandang terhadap dirinya sendiri) yang kurang baik. Meskipun begitu, terdapat beberapa remaja yang tergolong ke dalam heavy user (pengguna berat) yang menggunakan Instagram di atas 80 menit per hari, membuat unggahan Instagram setiap hari, dan membuka Instagram 15-20 kali sehari. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana citra diri 5 remaja heavy user dan bagaimana itu muncul dalam proses berkomunikasi di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus intrinsik disertai dengan model komunikasi hyperpersonal untuk memahami kasus ini. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi struktur, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra diri yang positif melahirkan kepercayaan diri untuk berkomunikasi secara intens dengan pesan berupa foto dan video yang sebagian besar diunggah melalui fitur story di Instagram. Pesan berisi tentang dirinya, kemampuannya, kegiatannya, serta pencapaiannya menggunakan caption, style, lagu, lokasi, dan pengeditan yang mendukung. Dalam menyampaikan pesan, terdapat heavy user yang benar-benar percaya diri yang ditunjukkan dengan sikap tidak memikirkan tanggapan orang lain terhadap dirinya. Ada juga heavy user yang tidak sepenuhnya percaya diri. Perilaku komunikasi yang ditunjukkan berupa menggunakan filter Instagram, mengunggah lebih sering di akun kedua (second account), dan menonaktifkan akun (deactive) akun Instagram. Kata Kunci : Heavy user, Citra Diri, Kepercayaan Diri PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - CITRA DIRI REMAJA HEAVY USER DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI PADA KOMUNIKASI DI INSTAGRAM (Studi pada Mahasiswa Pengguna Instagram) AV - restricted ER -