%0 Generic %A MUHAMMAD , RIZAL HABIB %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89590 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS PERAN PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN KESADARAN ANTI KORUPSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/89590/ %X Korupsi merupakan masalah serius yang merusak berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan, kesadaran anti-korupsi di kalangan peserta didik masih perlu diperkuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran pendidik dalam membimbing, mendidik, dan mengarahkan peserta didik dalam memahami serta menerapkan nilai-nilai anti-korupsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan rancangan pada penelitian ini adalah studi kasus Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pendidik dan peserta didik, serta analisis dokumen. Lokasi penelitian dilakukan di SDIT Wahdatul Ummah Metro dengan melibatkan 13 orang pendidik, 16 peserta didik, dan 3 orang tua sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai anti-korupsi melalui berbagai metode, seperti integrasi nilai anti korupsi dalam pembelajaran, pemberian contoh konkret, serta diskusi kasus dan refleksi. Namun, beberapa tantangan yang dihadapi meliputi rendahnya kesadaran peserta didik terhadap pentingnya disiplin waktu, kecenderungan sikap pamer, serta kurangnya keberanian dalam menegur teman yang melakukan pelanggaran kecil. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih efektif dan pendekatan yang berkelanjutan untuk meningkatkan pemahaman serta penerapan nilai-nilai anti-korupsi di kalangan peserta didik. Kata kunci: pendidikan anti korupsi, peran pendidik, kesadaran peserta didik.