creators_name: Sevia Dita, Pratiwi creators_id: 2113031020 type: other datestamp: 2025-06-25 04:15:29 lastmod: 2025-06-25 04:15:29 metadata_visibility: show title: PENGARUH HARGA DISKON, KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA APLIKASI MARKETPLACE TIKTOK SHOP DI KALANGAN SISWA KELAS XII JURUSAN IPS SMA N 1 TANJUNG BINTANG MELALUI KEPUASAN PELANGGAN ispublished: pub subjects: 300 subjects: 330 subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan e-commerce berbasis media sosial yang berkembang pesat dan menjadikan TikTok Shop sebagai salah satu platform yang populer di kalangan pelajar. Namun, loyalitas pelanggan di kalangan pengguna remaja masih menjadi tantangan, terutama disebabkan oleh faktor kualitas pelayanan, persepsi harga, dan ketidaksesuaian produk serta rasa puas pada diri pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga diskon, kualitas produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pengguna aplikasi Marketplace TikTok Shop di kalangan siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tanjung Bintang, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis jalur. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 122 responden yang diperoleh menggunakan rumus slovin, dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik dalam mengumpulkan data serta menggunakan teknik probability sampling dan menggunakan jenis simple random sampling sebagai teknik sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh simultan Harga Diskon, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Kata Kunci: Harga Diskon, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan, Persepsi Harga This research is motivated by the rapid development of social media-based ecommerce and has made TikTok Shop one of the popular platforms among students. However, customer loyalty among teenage users remains a challenge, mainly due to factors such as service quality, price perception, product mismatches, and the level of customer satisfaction. The purpose of this study was to analyze the effect of discount prices, product quality, price perceptions, and service quality on customer loyalty of TikTok Shop Marketplace application users among 12th social studies class students of SMA Negeri 1 Tanjung Bintang, with customer satisfaction as an intervening variable. This study uses a quantitative approach with path analysis techniques. Data were collected through a questionnaire with a sample size of 122 respondents obtained using the Slovin formula, with questionnaires, interviews and documentation as techniques in collecting data and using probability sampling techniques and using simple random sampling as a sampling technique. The results of the analysis show that simultaneously there is an influence of discount price, product quality, price perception, service quality, and customer satisfaction on customer loyalty. Keywords: Discount Prices, Customer Satisfaction, Service Quality, Product Quality, Customer Loyalt, Price Perception date: 2025-06-04 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2113031020 citation: Sevia Dita, Pratiwi (2025) PENGARUH HARGA DISKON, KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA APLIKASI MARKETPLACE TIKTOK SHOP DI KALANGAN SISWA KELAS XII JURUSAN IPS SMA N 1 TANJUNG BINTANG MELALUI KEPUASAN PELANGGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/89597/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89597/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89597/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf