%A NALIA VERA %T IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR %X Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan numerasi pada peserta didik kelas III di SD Negeri 4 Metro Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan numerasi pada peserta didik. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Populasi berjumlah 52 orang peserta didik, dan sampel 52 orang peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel non probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dan observasi. Pengolahan data menggunakan rumus chi kuadrat, uji-F, N-Gain, dan regresi linear sederhana yang menunjukkan hasil terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan numerasi pada peserta didik kelas III SD Negeri 4 Metro Utara tahun pelajaran 2024/2025 dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (11,92 > 4,24). Kata kunci : kemampuan numerasi, realistic mathematics education (RME). %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints89599