creators_name: VERA , NALIA creators_id: 2113053149 type: other datestamp: 2025-06-25 04:23:33 lastmod: 2025-06-25 04:23:33 metadata_visibility: show title: IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 372 subjects: 607 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan numerasi pada peserta didik kelas III di SD Negeri 4 Metro Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan numerasi pada peserta didik. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Populasi berjumlah 52 orang peserta didik, dan sampel 52 orang peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel non probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dan observasi. Pengolahan data menggunakan rumus chi kuadrat, uji-F, N-Gain, dan regresi linear sederhana yang menunjukkan hasil terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan numerasi pada peserta didik kelas III SD Negeri 4 Metro Utara tahun pelajaran 2024/2025 dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (11,92 > 4,24). Kata kunci : kemampuan numerasi, realistic mathematics education (RME). date: 2025-05-21 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: VERA , NALIA (2025) IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/89599/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89599/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89599/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf