TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints89607 UR - http://digilib.unila.ac.id/89607/ A1 - RULIK, WIDIARTI Y1 - 2025/05/15/ N2 - Masalah penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan bahan ajar berbasis Augmented Reality (AR) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eskperimen, desain penelitian yaitu non-equivalen control grup design. Populasi penelitian berjumlah 49 orang peserta didik. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik non probability sampling atau sampling jenuh di mana keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana yang menunjukan Fhitung ? Ftabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan bahan ajar berbasis Augmented Reality (AR) pada pembelajaran IPAS, berupa peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan. Kata Kunci : bahan ajar berbasis Augmented Reality (AR), IPAS, keterampilan berpikir krtitis, peserta didik PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD AV - restricted ER -