%0 Generic %9 Other %A Siska Febriyani, 1213254031 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:8963 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI TK TUT WURI HANDAYANI BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/8963/ %X ABSTRAK PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI TK TUT WURI HANDAYANI BANDAR LAMPUNG Oleh Siska Febriyani Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak dalam mengenal konsep bilangan melalui permainan tradisional di TK. Tut Wuri Handayani Bandar Lampung pada kelompok A tahun pelajaran 2014/2015 masih terbilang rendah, karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada anak usia dini belum menggunakan permainan karena masih bersifat akademik, dan guru juga belum memahami tentang pembelajaran untuk perkembangan anak usia dini sehingga kemampuan kognitif pada anak belum berkembang. Selain itu juga, dengan adanya penelitian ini guru juga dapat memperkenalkan permainan zaman dahulu yang sudah hampir punah karena perkembangan tekhnologi yang semakin canggih. Oleh karena itu, dalam penelitian ini kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan melalui permainan tradisional dapat meningkat hal tersebut terlihat bahwa pada siklus I anak sudah mampu membilang benda; pada siklus II anak mampu menunjuk urutan bilangan dan pada siklus III anak sudah mampu membuat urutan bilangan 1-10. Dengan demikian, pada penelitian ini maka kriteria penilaian yang diharapkan dapat tercapai yaitu BSB (Berkembang Sangat Baik). Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Konsep Bilangan, Permainan Tradisional.