?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2113024066&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+COLLABORATIVE+PROBLEM+SOLVING+BERORIENTASI+EDUCATION+FOR+SUSTAINABLE+DEVELOPMENT(ESD)+TERHADAP+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+SUSTAINABILITY+AWARENESS&rft.creator=SALMA%2C+QONITA&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+adanya+pengaruh+model+Collaborative+Problem+Solving+berorientasi+Education+for+Sustainable+Development+terhadap+Keterampilan+Berpikir+Kritis+dan+Sustainability+awareness+di+MAN+1+Metro+tahun+2024%2F2025+pada+materi+ekosistem.+Populasi+pada+penelitian+ini+adalah+seluruh+peserta+didik+kelas+X+MAN+1+Metro.+Sampel+penelitian+adalah+peserta+didik+di+kelas+X-1+sebagai+kelas+eksperimen+dan+X-2+sebagai+kelas+kontrol+dengan+teknik+pengambilan+sampel+adalah+purposive+sampling.+Penelitian+ini+merupakan+penelitian+kuantitatif+dengan+desain+quasi+eksperimen.+Pengambilan+data+diperoleh+melalui+pretest-posttest+dan+angket+sustainability+awareness.+Jenis+data+yang+digunakan+yaitu+data+kuantitatif+berupa+keterampilan+berpikir+kritis+dan+sustainability+awareness+peserta+didik.+Hasil+penelitian+menunjukan+bahwa+terdapat+pengaruh+yang+signifikan+penggunaan+model+Collaborative+Problem+Solving+berorientasi+Education+for+Sustainable+Development+dalam+meningkatkan+keterampilan+berpikir+kritis+dengan+hasil+uji+hipotesis+Sig.+(2-tailed)+0%2C00%3C0%2C05+dengan+aspek+yang+mengalami+peningkatan+paling+tinggi+adalah+aspek+Inference+dengan+nilai+N+Gain+0%2C73.+Pada+Sustainability+Awareness+terjadi+peningkatan+baik+kelas+eksperimen+ataupun+kelas+kontrol+dengan+peningkatan+paling+tinggi+indikator+kesadaran+perilaku+dan+sikap+dengan+persentase+96%2C19+untuk+kelas+eksperimen+dan+89%2C52+untuk+kelas+kontrol.%0D%0AKata+Kunci%3A+collaborative+problem+solving%2C+education+for+sustainable+development%2C+keterampilan+berpikir+kritis%2C+sustainability+awareness&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-05-08&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89630%2F1%2Fsalqon%2520abstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89630%2F2%2FSkripis%2520Salma%2520Qonita%2520full.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89630%2F3%2FSkripis%2520Salma%2520Qonita%2520tanpa%2520pembahasan.pdf&rft.identifier=++SALMA%2C+QONITA++(2025)+PENGARUH+MODEL+COLLABORATIVE+PROBLEM+SOLVING+BERORIENTASI+EDUCATION+FOR+SUSTAINABLE+DEVELOPMENT(ESD)+TERHADAP+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+SUSTAINABILITY+AWARENESS.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89630%2F