%0 Generic %A SALMA, QONITA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89630 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING BERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT(ESD) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS %U http://digilib.unila.ac.id/89630/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Collaborative Problem Solving berorientasi Education for Sustainable Development terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sustainability awareness di MAN 1 Metro tahun 2024/2025 pada materi ekosistem. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Metro. Sampel penelitian adalah peserta didik di kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Pengambilan data diperoleh melalui pretest-posttest dan angket sustainability awareness. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa keterampilan berpikir kritis dan sustainability awareness peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Collaborative Problem Solving berorientasi Education for Sustainable Development dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan hasil uji hipotesis Sig. (2-tailed) 0,00<0,05 dengan aspek yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah aspek Inference dengan nilai N Gain 0,73. Pada Sustainability Awareness terjadi peningkatan baik kelas eksperimen ataupun kelas kontrol dengan peningkatan paling tinggi indikator kesadaran perilaku dan sikap dengan persentase 96,19 untuk kelas eksperimen dan 89,52 untuk kelas kontrol. Kata Kunci: collaborative problem solving, education for sustainable development, keterampilan berpikir kritis, sustainability awareness