%0 Generic %A Andre Teofani , Gultom %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89644 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN INQUIRY DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 BANJAR AGUNG %U http://digilib.unila.ac.id/89644/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan model Inquiry serta interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian ini 100 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 67 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PJBL dan model pembelajaran Inquiry ditinjau dari aktivitas belajar tinggi dan aktivitas belajar rendah dengan siswa yang menggunakan model PJBL menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model Inquiry serta tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata kunci: Hasil Belajar Ekonomi, Project Based Learning (PjBL), Inquiry, Aktivitas Belajar Siswa. This study was motivated by the low economic learning outcomes of students. This study aims to determine the differences in economic learning outcomes using the Project Based Learning (PjBL) learning model and the Inquiry model as well as the interaction between learning models and student learning activities. The method used in this research is a quasi-experimental research method with a comparative approach. The population of this study was 100 students with a sample size of 67 students determined by cluster random sampling technique. Data collection techniques with observation, interviews, documentation, tests, and questionnaires. Hypothesis testing uses the two-way analysis of variance formula and the t-test of two independent samples. The results of data analysis showed that there were differences in the economic learning outcomes of students whose learning used PJBL learning model and Inquiry learning model in terms of high learning activity and low learning activity, with students who used PJBL model showing higher learning outcomes compared to students who used Inquiry model and there was no interaction between learning models and learning activities on student learning outcomes in economic subjects. Keywords : Economic Learning Outcomes, Project Based Learning (PjBL), Inquiry, Student Learning Activities