TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints89658 UR - http://digilib.unila.ac.id/89658/ A1 - NUR, ASTINA Y1 - 2025/05/23/ N2 - Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri 3 Kalirejo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pesera didik di kelas V SD Negeri 3 Kalirejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD N 3 Kalirejo dengan hasil . > yaitu sebesar 4,679 > 2,001. Kata kunci : berfikir kritis, problerm besed learning PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik SD N 3 Kalirejo AV - restricted ER -