creators_name: NUR, ASTINA creators_id: 1813053092 type: other datestamp: 2025-06-25 04:17:37 lastmod: 2025-06-25 04:17:37 metadata_visibility: show title: pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik SD N 3 Kalirejo ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri 3 Kalirejo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pesera didik di kelas V SD Negeri 3 Kalirejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD N 3 Kalirejo dengan hasil . > yaitu sebesar 4,679 > 2,001. Kata kunci : berfikir kritis, problerm besed learning date: 2025-05-23 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1813053092 citation: NUR, ASTINA (2025) pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik SD N 3 Kalirejo. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/89658/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89658/2/SKRIPSI%20FULL%20TINA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89658/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN_removed.pdf