TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints89671 UR - http://digilib.unila.ac.id/89671/ A1 - DINA , SONIA Y1 - 2025/06/16/ N2 - Media sosial, termasuk Instagram berperan sebagai platform interaksi dan penyebaran informasi, yang dimanfaatkan oleh HMJ Ilmu Komunikasi Universitas Lampung melalui akun @komunikasiunila untuk menjangkau mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terpaan konten Instagram @komunikasiunila terhadap reduksi Fear Of Missing Out (FOMO) dalam meningkatkan produktivitas pada mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Lampung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and effect. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanasi melalui kuesioner yang ditujukan pada 108 mahasiswa angkatan 2023 dan 2024 jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Lampung yang dipilih menggunakan random sampling. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji t dibantu dengan aplikasi SPSS versi 27.0. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa (thitung 18,184 > ttabel 1,659) yang menunjukkan pengaruh signifikan. Nilai tersebut diartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi sebesar 75,7%, menandakan pengaruh kuat konten Instagram terhadap reduksi FOMO dan peningkatan produktivitas, sementara 24,3% dipengaruhi faktor lain. Temuan ini menegaskan pentingnya konten media sosial yang informatif dan interaktif dalam memotivasi mahasiswa aktif dan produktif di lingkungan kampus. Kata Kunci : FOMO, Instagram, komunikasiunila, produktivitas, terpaan media, uses and effect PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - PENGARUH TERPAAN KONTEN INSTAGRAM @komunikasiunila TERHADAP REDUKSI FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADA MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS LAMPUNG AV - restricted ER -