TY - GEN ID - eprints8969 UR - http://digilib.unila.ac.id/8969/ A1 - 0813023046, Rizki Indah Lestari Y1 - 2012/08/14/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi pokok hidrolisis garam dalam meningkatkan kete- rampilan inferensi dan penguasaan konsep siswa SMAN 1 Way Jepara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Way Jepara kelas XI IPA gai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model problem solving ditunjukkan dengan uji-t dari n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan inferensi kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,66 dan 0,31; t? hitung (5,81) > t Rata-rata n-Gain penguasaan konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,62 dan 0,19; t hitung (9,44) > t tabel tabel 3 (1,70). (1,67). Keterampilan inferensi dan penguasaan konsep hidrolisis garam yang diterapkan model pembelajaran problem solving seba- lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving pada materi pokok hidrolisis garam efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep. Kata kunci: model pembelajaran problem solving, keterampilan inferensi dan penguasaan konsep. TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP AV - restricted ER -