%A Prastya Egix Dwi %T PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PELUANG USAHA DI LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMKN 8 BANDAR LAMPUNG MELALUI PENGALAMAN BERWIRAUSAHA %X Rendahnya minat berwirausaha pada siswa kelas XII SMKN 8 Bandar Lampung diduga dipengaruhi oleh berbagai faktor yang bersifat kompleks. Salah satu faktor utama adalah pendidikan kewirausahaan yang dinilai masih kurang optimal, khususnya dalam hal penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai, serta kurangnya pendekatan pembelajaran yang aplikatif dan mendorong praktik nyata berwirausaha. Selain itu, rendahnya apresiasi dan dukungan dari masyarakat terhadap profesi wirausahawan juga turut mempengaruhi persepsi dan semangat siswa untuk menekuni dunia usaha secara mandiri setelah lulus. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan dan peluang usaha di lingkungan sekitar terhadap minat berwirausaha siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan survei, yang bertujuan untuk menguji pengaruh antar variabel melalui pengumpulan data lapangan secara langsung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 responden yang merupakan seluruh siswa kelas XII SMKN 8 Bandar Lampung, sehingga teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh (total sampling). Hasil analisis menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, variabel pendidikan kewirausahaan dan peluang usaha di lingkungan sekitar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas pendidikan kewirausahaan serta tersedianya peluang usaha yang mudah dijangkau di lingkungan siswa dapat mendorong tumbuhnya minat untuk berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja secara mandiri setelah lulus dari pendidikan kejuruan. Kata kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Pengalaman Berwirausaha, Peluang Usaha, Minat Berwirausaha, SMK The low interest in entrepreneurship in class XII students of SMKN 8 Bandar Lampung is thought to be influenced by various complex factors. One of the main factors is entrepreneurship education which is still considered less than optimal, especially in terms of providing adequate learning facilities and infrastructure, as well as the lack of learning approaches that are applicable and encourage real practice of entrepreneurship. In addition, the low appreciation and support from the community for the entrepreneurial profession also influences students' perceptions and enthusiasm to pursue the business world independently after graduation. This study aims to determine and analyze the effect of entrepreneurship education and business opportunities in the surrounding environment on students' entrepreneurial interest. The research method used is descriptive verification with a survey approach, which aims to test the influence between variables through direct field data collection. The sample in this study totaled 93 respondents who are all students of class XII SMKN 8 Bandar Lampung, so the sampling technique used is a saturated sample (total sampling). The results of the analysis show that both partially and simultaneously, the variables of entrepreneurship education and business opportunities in the surrounding environment have a significant influence on student entrepreneurship interest. This indicates that improving the quality of entrepreneurship education and the availability of business opportunities that are easily accessible in the student environment can encourage the growth of interest in entrepreneurship and create jobs independently after graduating from vocational education. Keywords: Business Opportunities, Entrepreneurial Experience, Entrepreneurial Interest, Entrepreneurship Education, Vocational High School %D 2025 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2153031005 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints89697