@misc{eprints8970, month = {Juni}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN PENJELASANLANJUT SISWA }, author = {Susi Susanti 0813023050}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/8970/}, abstract = {Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui efektivit as pembelajaran berbasis masa- lah pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan memberikan penje- lasan sederhana dan penjelasan lanjut siswa. Populasi dalam penelit ian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2011-2012 dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 sebagai sampel. Penelit ian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelit ian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan sederhana untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol ber- turut-turut adalah 0,40 dan 0,16; dan rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan lanjut untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,31 dan 0,08. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran berbasis masalah memiliki keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut yang lebih t inggi dibandingkan siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut siswa. Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut. } }