TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints89711 UR - http://digilib.unila.ac.id/89711/ A1 - Rizka , Awalia Rodhiah Y1 - 2025/06/12/ N2 - Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Natar tahun ajaran 2024/2025 yang tersebar dalam enam kelas yaitu kelas XI IPA 1 sampai XI IPA 6. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah quasi experimental dengan penelitian pretest-posttest control group design. Instrumen dalam penelitian ini yaitu soal pretes-postes yang terdiri dari 7 soal uraian, LKPD, dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi di kelas eksperimen sebesar 0,50 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi di kelas kontrol yaitu sebesar 0,25. Hal ini menunjukkan bahwa model flipped learning berbantuan visualisasi molekul 3D pada materi bentuk molekul efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kata kunci : bentuk molekul, flipped learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, visualisasi molekul 3D PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN VISUALISASI MOLEKUL 3D PADA MATERI BENTUK MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI AV - restricted ER -