TY - GEN ID - eprints8972 UR - http://digilib.unila.ac.id/8972/ A1 - 0813032039 , Junia Vamela Y1 - 2013/02/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimanakah persepsi siswa tentang proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru berlatar belakang non PKn di SMA Bina Mulya Kedaton Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 20% dari jumlah sampel yang diteliti adalah 35 siswa pada siswa dan siswi SMA Bina Mulya Kedaton Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, teknik dokumentasi, studi kepustakaan dan wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang proses pembelajaran kegiatan pendahuluan adalah 26 siswa (74,3%) masuk dalam kategori baik,. Persepsi siswa tentang proses pembelajaran kegiatan inti 19 siswa (54,3%) masuk pada kategori cukup baik, 7 siswa (20%) masuk pada kategori tidak baik. Persepsi siswa tentang proses pembelajaraan kegiatan penutup 17 siswa (48,6%) masuk dalam kategori baik. Persepsi siswa pada kegiatan inti dalam proses pembelajaran masuk pada kategori cukup baik dengan alasan bahwa guru berlatar belakang non PKn belum maksimal dalam menguasai metode, strategi serta penyajian materi pembelajaran. guru berlatar belakang non PKn perlu meningkatkan kemampuan dasar dan kompetensi guru yang dilihat dari kualifikasi guru tersebut. Kata Kunci: siswa, proses pembelajaran, guru berlatar belakang non PKn TI - PERSEPSI SISWA TENTANG PROSES PEMBELAJARAN YANG DILAKUKAN OLEH GURU BERLATAR BELAKANG NON PKn DI SMA BINA MULYA KEDATON BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -