?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERSEPSI+GURU+TERHADAP+IMPLEMENTASI+KURIKULUM+MERDEKA%0D%0ADI+SMA+NEGERI+1+RAMAN+UTARA+%0D%0A+&rft.creator=Prita+%2C+Adinda&rft.subject=300+Ilmu+sosial&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=%0D%0APerubahan+terhadap+kurikulum+merdeka+menimbulkan+persepsi+positif+dan+%0D%0Anegatif+dikalangan+guru.+Secara+positif+kurikulum+merdeka+dapat+mendekatkan%0D%0Apada+orientasi+individu+sesuai+pada+kebutuhan+belajarnya.+Namun+di+sisi+lainnya%0D%0Amenimbulkan+spekulasi+yang+berdampak+pada+pandangan+negatif+yakni+kurikulum%0D%0Amerdeka+menimbulkan+kesulitan+dalam+proses+pembelajaran.+Tujuan+dari%0D%0Apenelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+persepsi+guru+terhadap+implemenbtasi%0D%0Akurikulum+merdeka+di+SMA+Negeri+1+Raman+Utara.+Jenis+Penelitian+yang%0D%0Adigunakan+adalah+penelitian+deskriptif+kualitatif+dengan+menggunakan%0D%0Awawancara%2C+observasi+dan+dokumentasi.+Penting+penelitian+ini+dilakukan+untuk%0D%0Amemberikan+informasi+terhadap+implementasi+kurikulum+merdeka+.+%0D%0ABerdasarkan+hasil+penelitian+yang+dilakukan+di+SMA+Negeri+1+Raman+Utara%0D%0Adapat+dipeoleh+informasi+bahwa+tema+yang+ditetapkan+pada+kegiatan+P5+adalah%0D%0Asuara+demokrasi%2C+kearifan+lokal+dan+kewirausahaan+yakni+membuat+sulaman+tapis%0D%0Adan+eksplorasi+jenis+makanan+sebagai+kearifan+lokal.+Kegiatan+ini+dilaksanakan%0D%0Adengan+melakukan+perencanaan+terlebih+dahulu%2C+pelaksanaan+dan+evaluasi%0D%0Akegiatan.+Selain+itu%2C+dapat+diketahui+bahwa+P5+ini+memberikan+dampak+positif%0D%0Aterhadap+karakter+peserta+didik+seperti+meningkatnya+sikap+tanggung+jawab%2C%0D%0Amandiri%2C+kreatif%2C+peduli+dan+lain-lainnya.+Selama+melaksanakan+penelitian%0D%0Adiketahui+terdapat+faktor+pendukung+dan+penghambat+penerapan+P5+yakni+faktor%0D%0Apendukung+kebijakan+sekolah%2C+kemampuan+guru%2C+fasilitas+sekolah+dan+lingkungan%0D%0Abelajar+peserta+didik.+Sementara+faktor+penghamat+berupa+kesulitan+guru+untuk%0D%0Amemahami+program+P5+keterbatasan+kemampuan+guru+dan+keterbatasan%0D%0Akemampuan+guru.%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%0D%0A%3A+Persepsi+guru%2C+implementasi+kurikulum+merdeka%0D%0A+dan+faktor+pendukung%2Fpenghambat.%0D%0A%0D%0A%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-06-05&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89727%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89727%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89727%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Prita+%2C+Adinda++(2025)+PERSEPSI+GURU+TERHADAP+IMPLEMENTASI+KURIKULUM+MERDEKA+DI+SMA+NEGERI+1+RAMAN+UTARA.++FAKULTAS+KEGURUAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89727%2F