%A Fadiyah Atika %T PENGARUH BOARDING SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI MAN 1 METRO %X Pembentukan karakter kemandirian merupakan tujuan penting dalam pendidikan untuk menyiapkan peserta didik menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. Salah satu sistem yang dinilai efektif dalam mendukung hal ini adalah boarding school karena menawarkan lingkungan terstruktur, pengawasan intensif, dan aktivitas yang membentuk kebiasaan positif. Di MAN 1 Metro, sistem ini diterapkan untuk memperkuat karakter peserta didik, khususnya dalam aspek kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem boarding school terhadap karakter kemandirian peserta didik di MAN 1 Metro. Subjek penelitian adalah 52 siswa kelas XI tahun ajaran 2024/2025. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan wawancara yang mencakup indikator seperti pengelolaan waktu, pengambilan keputusan, serta tanggung jawab pribadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem boarding school berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter kemandirian peserta didik, dengan kontribusi sebesar 70%. Pola hidup yang terstruktur dan pembiasaan kegiatan mandiri membantu peserta didik meningkatkan kemampuan mengatur waktu, mengambil keputusan, menyelesaikan tugas, serta bertanggung jawab. Dengan demikian, boarding school terbukti menjadi strategi yang efektif dalam membentuk karakter mandirian perserta didik. Kata Kunci: Peserta Didik, Boarding School, Karakter Kemandirian %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints89731