<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk, mendeskripsikan\r\nkepraktisan dan keefektifan e-LKPD berdiferensiasi pada pembelajaran berbasis\r\nproyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Hasil studi pendahuluan\r\nmengungkapkan 80% guru belum menggunakan e-LKPD berdiferensiasi dalam\r\npembelajaran berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D\r\nyang mengacu pada model pengembangan 4D menurut Thiagarajan. Subyek untuk\r\nuji coba produk adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Candipuro tahun pelajaran\r\n2024/2025. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive\r\nsampling dan desain yang digunakan untuk uji coba produk adalah One-Group\r\nPretest Posttest Design. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini adalah\r\nangket analisis kebutuhan e-LKPD menurut guru dan menurut siswa, angket\r\nvalidasi produk oleh ahli, angket respon guru dan siswa, soal pretest-postest, dan\r\nlembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji-t\r\nterhadap rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian ini produk\r\ne-LKPD berdiferensiasi berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir\r\nkritis siswa. Produk ini merupakan bahan ajar yang digunakan sebagai panduan\r\nterhadap proses pemecahan masalah yang disebabkan oleh sampah organik. Hasil\r\nvalidasi ahli pada kesesuaian isi dan kesesuaian konstuksi memperoleh persentase\r\nnilai sebesar 96% yang menunjukkan bahwa produk e-LKPD berdiferensiasi ini\r\nvalid. Rata-rata persentase respon guru 99% dan siswa sebesar 97% yang\r\nmenunjukkan bahwa produk e-LKPD berdiferensiasi ini praktis. Keefektifan\r\nproduk e-LKPD berdiferensiasi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis\r\ndilihat dari rata-rata n-Gain siswa sebesar 0,61 dengan kriteria sedang. Adapun hasil\r\npenilaian keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-LKPD berdiferensiasi\r\nberbasis proyek pengolahan sampah organik pada aspek sintaks 97% dan aspek\r\nsistem sosial 100%, menunjukkan kriteria tingkat keterlaksanaan “sangat tinggi”.\r\nKata kunci : e-LKPD berdiferensiasi, pembelajaran berbasis proyek, keterampilan\r\nberpikir kritis, sampah organik\r\n\r\nThis study aims to develop a product, describe the practicality and effectiveness of\r\ndifferentiated e-LKPD in project-based learning to improve critical thinking skills.\r\nThe results of a preliminary study revealed that 80% of teachers have not used\r\ndifferentiated e-LKPD in project-based learning. The research method used is R&D\r\nwhich refers to the 4D development model according to Thiagarajan. The subjects\r\nfor the product trial were students of class VIII E of SMP Negeri 1 Candipuro in\r\nthe 2024/2025 academic year. The sampling technique was carried out using\r\npurposive sampling and the design used for the product trial was One-Group Pretest\r\nPosttest Design. The data collection instruments in this study were questionnaires\r\non the analysis of e-LKPD needs according to teachers and students, product\r\nvalidation questionnaires by experts, teacher and student response questionnaires,\r\npretest-posttest questions, and learning implementation sheets. The data analysis\r\ntechnique used a t-test on the average n-Gain of critical thinking skills. The results\r\nof this study are project-based differentiated e-LKPD products to improve students'\r\ncritical thinking skills. This product is a teaching material used as a guide to the\r\nproblem-solving process caused by organic waste. The results of expert validation\r\non the suitability of content and suitability of construction obtained a percentage\r\nvalue of 96% which indicates that this differentiated e-LKPD product is valid. The\r\naverage percentage of teacher responses is 99% and students are 97% which\r\nindicates that this differentiated e-LKPD product is practical. The effectiveness of\r\nthe differentiated e-LKPD product in improving critical thinking skills is seen from\r\nthe average n-Gain of students of 0.61 with moderate criteria. The results of the\r\nassessment of the implementation of learning using differentiated e-LKPD based\r\non organic waste processing projects on the syntax aspect of 97% and the social\r\nsystem aspect of 100%, indicating the criteria for the level of implementation of\r\n\"very high\".\r\nKey words: differentiated e-LKPD, project-based learning, critical thinking skills,\r\norganic waste"^^ . "2025-06-16" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "APRIYANTI"^^ . "UMAMAH "^^ . "APRIYANTI UMAMAH "^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK UMAMAH APRIYANTI.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (File PDF)"^^ . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN UMAMAH APRIYANTI.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN\r\nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nBERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #89732 \n\nEFEKTIVITAS e-LKPD BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN \nBERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \nBERPIKIR KRITIS\n\n" . "text/html" . . . "507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam" . .