@misc{eprints89748, month = {Mei}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E BERBANTU MEDIA POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI}, author = {Nirmala Septiani Ninda}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/89748/}, abstract = { Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Talang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan pada penggunaan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5e berbantu media powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan model quasi eksperimen. Populasi penelitian ini berjumlah 56 orang dan sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas IV A dan IV B. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan teknik sampling non probability sampling. Data dikumpulkan dengan teknik pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5e berbantu media powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Sekolah Dasar Negeri.Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, media powtoon, model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5e} }