?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGEMBANGAN+STRATEGI+PEMASARAN+RENGGINANG+PADA%0D%0AUMKM+CUMBUY+DI+KABUPATEN+PESAWARAN&rft.creator=Agustina+%2C+Rahayu+&rft.subject=630+Pertanian+dan+teknologi+yang+berkaitan&rft.description=Usaha+mikro%2C+kecil%2C+dan+menengah+(UMKM)+di+Indonesia%2C+memiliki+peran+penting%0D%0Adalam+penyerapan+tenaga+kerja+dan+pertumbuhan+ekonomi+nasional.+UMKM%0D%0ARengginang+Cumbuy+adalah+salah+satu+industri+rumahan+yang+mengolah+beras%0D%0Aketan+menjadi+camilan+rengginang.+Kompetitor+baru+yang+bermunculan+saat+ini%2C%0D%0Aserta+volume+penjualan+dan+konsumen+yang+fluktuatif+menjadi+hambatan+besar%0D%0Abagi+UMKM%2C+oleh+karena+itu+diperlukan+identifikasi+serta+evaluasi+perusahaan%0D%0Auntuk+merancang+strategi+pemasaran+yang+efektif+agar+produk+dapat+bersaing+di%0D%0Apasaran.+Metode+yang+digunakan+pada+penelitian+ini+adalah+analisis+SWOT%0D%0A(Strength%2C+Weakness%2C+Opportunities%2C+Threat)+dan+QSPM+(Quantitative+Strategic%0D%0APlanning+Matrix).+Analisis+SWOT+memerlukan+identifikasi+faktor+internal+dan%0D%0Aeksternal+perusahaan.+Faktor+intenal+dianalisis+dengan+matriks+IFAS%2C+sedangkan%0D%0Afaktor+eksternal+dengan+matriks+EFAS.+Hasil+identifikasi+diperoleh+9+faktor%0D%0Akekuatan%2C+7+faktor+kelemahan%2C+5+faktor+peluang+dan+5+faktor+ancaman.+Kemasan%0D%0Adan+varian+rasa+yang+menarik%2C+harga+yang+terjangkau%2C+produk+memiliki+sertifikat%0D%0Ahalal%2C+dan+produk+memiliki+sertifikat+P-IRT+menjadi+kekuatan+utama+bagi+UMKM%0D%0ARengginang+Cumbuy%2C+sedangkan+kelemahan+utama+adalah+keterbatasan+modal.%0D%0ABahan+baku+yang+mudah+didapatkan+menjadi+peluang+utama+bagi+UMKM%0D%0ARengginang+Cumbuy%2C+sedangkan+Banyaknya+pesaing+antar+industri+sejenis%0D%0Amenjadi+ancaman+utama.+Berdasarkan+hasil+analisis+matriks+SWOT%2C+diperoleh+8%0D%0Aalternatif+strategi+yang+dapat+direkomendasikan+pada+UMKM+Rengginang%0D%0ACumbuy.+Berdasarkan+hasil+analisis+matriks+QSPM%2C+strategi+melakukan+inovasi%0D%0Aproduk+secara+konsisten+agar+dapat+bersaing+dengan+kompetitor+lain+menjadi%0D%0Aprioritas+utama+sebagai+strategi+yang+dapat+diterapkan+pada+UMKM+Rengginang%0D%0ACumbuy.%0D%0AKata+kunci+%3A+Rengginang+Cumbuy%2C+Matriks+SWOT%2C+Matriks+QSPM&rft.publisher=FAKULTAS+PERTANIAN&rft.date=2025-06-04&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89751%2F1%2F1.%2520ABSTRAK-ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89751%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89751%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Agustina+%2C+Rahayu+++(2025)+PENGEMBANGAN+STRATEGI+PEMASARAN+RENGGINANG+PADA+UMKM+CUMBUY+DI+KABUPATEN+PESAWARAN.++FAKULTAS+PERTANIAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89751%2F