?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2113024011&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PEMBELAJARAN+BERDIFERENSIASI+KONTEN+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+TINGKAT+TINGGI+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI%0D%0APERUBAHAN+IKLIM%0D%0A&rft.creator=Gustin%2C+Armunanti&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+pembelajaran+berdiferensiasi+konten+terhadap+kemampuan+berpikir+tingkat+tinggi+peserta+didik+pada+materi+perubahan+iklim.+Penelitian+ini+menggunakan+desain+quasi+eskperiment+dengan+pola+desain+yaitu+pretest-posttest+non-equivalent+control+group+design.+Subyek+penelitian+ini+adalah+adalah+peserta+didik+kelas+VII+SMP+Negeri+8+Bandar+Lampung+yang+berjumlah+229+orang+dengan+sampel+diambil+dengan+teknik+purposive+sampling%2C+sehingga+terpilih+57+peserta+didik+yaitu+kelas+VII-C+dan+VII-D.+Data+kemampuan+berpikir+tingkat+tinggi+diambil+menggunakan+tes%2C+sedangkan+data+tanggapan+peserta+didik+diambil+dengan+angket.+Hasil+analisis+data+menunjukkan+bahwa+kemampuan+berpikir+tingkat+tinggi+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+(N-gain+0%2C56)+sedangan+kelas+kontrol+(N-gain+0%2C28).+Hasil+uji+independent+sample+t-test+didapatkan+nilai+sig.+(2-tailed)+0%2C00+%3C+0%2C05+artinya+H1+diterima.+Hasil+ini+juga+didukung+oleh+uji+effect+size+yang+menunjukkan+kategori+%E2%80%9Cbesar%E2%80%9D+(1%2C68)%2C+yang+berarti+pembelajaran+berdiferensiasi+konten+berpengaruh+besar+terhadap+kemampuan+berpikir+tingkat+tinggi.+Indikator+kemampuan+berpikir+tingkat+tinggi+yang+tertinggi+pada+kelas+eksperimen+yaitu+menganalisis+(C4)+(N-gain+0%2C62)+dengan+kategori+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D+dan+yang+paling+rendah+yaitu+indikator+mencipta+(C6)+(N-gain+0%2C50).+Hasil+angket+tanggapan+menunjukkan+bahwa+pada+kelas+eksperimen+memberikan+tanggapan+yang+lebih+positif+dengan+persentase+81%2C79+(hampir+semua+setuju).+Dengan+demikian%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+penerapan+pembelajaran+berdiferensiasi+konten+berpengaruh+signifikan+terhadap+kemampuan+berpikir+tingkat+tinggi+peserta+didik.+Kata+kunci%3A+Kemampuan+Berpikir+Tingkat+Tinggi%2C+Berdiferensiasi+Konten%2C+Perubahan+Iklim.&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2025-06-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89755%2F1%2FABSTRAK_GUSTIN%2520ARMUNANTI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89755%2F2%2FSKRIPSI%2520%2520FULL%2520TANPA%2520LAMPIRAN_GUSTIN%2520ARMUNANTI%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89755%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%25204%2520DAN%2520LAMPIRAN_GUSTIN%2520ARMUNANTI%2520.pdf&rft.identifier=++Gustin%2C+Armunanti++(2025)+PENGARUH+PEMBELAJARAN+BERDIFERENSIASI+KONTEN+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+TINGKAT+TINGGI+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89755%2F