creators_name: Gustin, Armunanti creators_id: 2113024011 type: other datestamp: 2025-06-26 07:32:51 lastmod: 2025-06-26 07:32:51 metadata_visibility: show title: PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM ispublished: pub subjects: 507 subjects: 570 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi konten terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi perubahan iklim. Penelitian ini menggunakan desain quasi eskperiment dengan pola desain yaitu pretest-posttest non-equivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung yang berjumlah 229 orang dengan sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih 57 peserta didik yaitu kelas VII-C dan VII-D. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi diambil menggunakan tes, sedangkan data tanggapan peserta didik diambil dengan angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen lebih tinggi (N-gain 0,56) sedangan kelas kontrol (N-gain 0,28). Hasil uji independent sample t-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 artinya H1 diterima. Hasil ini juga didukung oleh uji effect size yang menunjukkan kategori “besar” (1,68), yang berarti pembelajaran berdiferensiasi konten berpengaruh besar terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi yang tertinggi pada kelas eksperimen yaitu menganalisis (C4) (N-gain 0,62) dengan kategori “sedang” dan yang paling rendah yaitu indikator mencipta (C6) (N-gain 0,50). Hasil angket tanggapan menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen memberikan tanggapan yang lebih positif dengan persentase 81,79 (hampir semua setuju). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi konten berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Berdiferensiasi Konten, Perubahan Iklim. date: 2025-06-16 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung id_number: 2113024011 citation: Gustin, Armunanti (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/89755/1/ABSTRAK_GUSTIN%20ARMUNANTI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89755/2/SKRIPSI%20%20FULL%20TANPA%20LAMPIRAN_GUSTIN%20ARMUNANTI%20.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89755/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%204%20DAN%20LAMPIRAN_GUSTIN%20ARMUNANTI%20.pdf