TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints89757 UR - http://digilib.unila.ac.id/89757/ A1 - Devita Sekar, Nurlena Y1 - 2025/06/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan oleh pelatih dalam proses pembelajaran vokal pada anggota muda Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa Universitas Lampung. Hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya prestasi yang diraih oleh Paduan Suara Mahasiswa Universitas Lampung baik secara nasional maupun internasional. Subjek dalam penelitian ini yaitu anggota muda Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa Universitas Lampung. Objek dari penelitian ini yaitu strategi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran vokal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis mode Miles dan Huberman. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitiannya adalah berdasarkan lima macam strategi pembelajaran menurut Saskatchewan (Panggabean, 2021) terdapat empat macam strategi pembelajaran yang digunakan oleh Paduan Suara Mahasiswa Universitas Lampung. Strategi tersebut diantaranya adalah strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif, dan strategi pembelajaran mandiri. Sedangkan macam strategi pembelajaran menurut Saskatchewan (Panggabean, 2021) yang tidak digunakan oleh Paduan Suara Mahasiswa Universitas Lampung adalah strategi pembelajaran eksperimen. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - STRATEGI PEMBELAJARAN VOKAL PADA ANGGOTA MUDA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) PADUAN SUARA MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG AV - restricted ER -