?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+SIKLUS+BELAJAR+EMPIRIS%0D%0AINDUKTIF+DALAM+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN%0D%0ABERKOMUNIKASI+PADA+MATERI+POKOK+LARUTAN%0D%0AELEKTROLIT+DAN+NON+ELEKTROLIT&rft.creator=0853023049%2C+Riska+Amelia+Desmawati&rft.subject=+&rft.description=Hasil+observasi+di+SMA+Negeri+1+Gadingrejo+diketahui+bahwa+pembelajaran+yang%0D%0Apaling+sering+digunakan+adalah+pembelajaran+konvensional+yang+bersifat%0D%0Acenderung+kaku+dan+kurang+menarik.+Hal+tersebut+belum+membimbing+siswa%0D%0Auntuk+lebih+memahami+materi+larutan+elektrolit+dan+non+elektrolit+serta+melatih%0D%0Akemandirian+belajarnya.+Oleh+karena+itu%2C+dirancang+pembelajaran+dengan%0D%0Amenerapkan+model+SBEI.%0D%0APenelitian+bertujuan+untuk+mengetahui+efektivitas+model+Siklus+Belajar+Empiris%0D%0AInduktif+dalam+meningkatan+keterampilan+berkomunikasi+pada+materi+pokok%0D%0ALarutan+elektrolit+dan+non+elektrolit.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh%0D%0Asiswa+kelas+X+SMA+Negeri+1+Gadingrejo+semester+genap++Tahun+2011-2012%0D%0Adengan+kelas+X%0D%0A1%0D%0Adan+X%0D%0A3%0D%0Asebagai+sampel.+Metode+Penelitian+adalah+kuasi%0D%0Aeksperimen+dengan+Non+Equivalent+Control+Group+Design.++Efektivitas%0D%0Apembelajaran+diukur+berdasarkan+n-Gain+yang+menunjukkan+perbedaan+yang%0D%0Asignifikan+antara+pemahaman+awal+dengan+pemahaman+setelah+pembelajaran%0D%0A(ditunjukkan+dengan+n-Gain+yang+signifikan)%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+nilai+rerata+n-Gain+keterampilan+berkomunikasi%0D%0Auntuk+kelas+kontrol+dan+eksperimen+masing-masing+0%2C507+dan+0%2C605.%0D%0ABerdasarkan+uji+hipotesis%2C+diketahui+bahwa+kelas+dengan+model+pembelajaran%0D%0ASBEI+memiliki+keterampilan+berkomunikasi+siswa+yang+lebih+tinggi+dibandingkan%0D%0Akelas+dengan+pembelajaran+konvensional.+Hal+ini+menunjukkan+bahwa+model%0D%0Apembelajaran+SBEI+lebih+efektif+dalam+meningkatkan+keterampilan%0D%0Aberkomunikasi+siswa.%0D%0AKata+kunci%3A+model+pembelajaran+SBEI%2C+keterampilan+berkomunikasi&rft.date=2012-08-14&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F1%2F1.%2520COVER.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F2%2F2.PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F3%2F4.%2520Cover%2520Dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F4%2F5.%2520lembar%2520pengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F5%2F7.RIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F6%2F11%2520DAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F7%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F8%2FDaftar%2520Gambar.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F9%2FDAFTAR%2520ISI%2520baru.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F10%2FMENGESAHKAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F11%2FMOTTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F12%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F13%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F14%2Fbab%25201.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F15%2Fbab%25202.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F16%2Fbab%25203.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F17%2Fbab%25204.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F18%2Fbab%25205.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F19%2FDAFTAR%2520PUSTAK1.pdf&rft.identifier=++0853023049%2C+Riska+Amelia+Desmawati++(2012)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+SIKLUS+BELAJAR+EMPIRIS+INDUKTIF+DALAM+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+BERKOMUNIKASI+PADA+MATERI+POKOK+LARUTAN+ELEKTROLIT+DAN+NON+ELEKTROLIT.++UNSPECIFIED.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8976%2F