?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+LEARNING+CYCLE+3E+PADA%0D%0AMATERI+REAKSI+OKSIDASI-REDUKSI+UNTUK+MENINGKATKAN%0D%0AKETERAMPILAN+MENGELOMPOKKAN+DAN%0D%0APENGUASAAN+KONSEP+PADA+SISWA&rft.creator=0853023053%2C+Sulis+Setyowati&rft.subject=+&rft.description=Efektivitas+pembelajaran+merupakan+suatu+ukuran+yang+berhubungan+dengan+ting-%0D%0Akat+keberhasilan+dari+suatu+proses+pembelajaran.++Pembelajaran+dikatakan+efektif%0D%0Ameningkatkan+hasil+belajar+siswa+apabila+secara+statistik+hasil+belajar+siswa+me-%0D%0Anunjukan+perbedaan+yang+signifikan+antara+pemahaman+awal+dengan+pemahaman%0D%0Asetelah+pembelajaran.+Penelitian+ini+dilakukan+untuk+mendeskripsikan+efektivitas%0D%0Apembelajaran+learning+cycle+3E+dalam+meningkatkan+keterampilan+mengelom-%0D%0Apokkan+dan+penguansaan+konsep+melalui+reaksi+oksidasi-reduksi.+Model+pembe-%0D%0Alajaran+learning+cycle+3E+terdiri+dari+3+fase+yaitu+fase+eksplorasi+(exploration)%2C%0D%0Afase+penjelasan+konsep+(explaination)dan+Fase+penerapan+konsep+(elaboration).%0D%0ASampel+dalam+penelitian+ini+adalah+siswa+SMAN+1+Gadingrejo+kelas+X%0D%0Asemester++Genap+Tahun+Ajaran+2011-2012+yang+memiliki+karakteristik+hampir%0D%0Asama.++Penelitian+ini+menggunakan+metode+kuasi+eksperimen+dengan+Non%0D%0AEquivalent+Control+Group+Design.+Hasil+penelitian+menunjukkan+nilai+rata-rata%0D%0An-Gain+keterampilan+mengelompokkan+untuk+kelas+kontrol+dan+eksperimen%0D%0Amasing-masing+0%2C52+dan+0%2C77+dan+rata-rata+n-Gain+penguasaan+konsep+untuk+kelas%0D%0A2%0D%0Adan+X%0D%0A4%0D%0Akontrol+dan+eksperimen+masing-masing+0.37+dan+0%2C42.+Berdasarkan+uji+hipotesis%2C%0D%0Adiketahui+bahwa+kelas+dengan+pembelajaran+Learning+Cycle+3E+memiliki+kete-%0D%0Arampilan+mengelompokkan+yang+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+dengan+pembe-%0D%0Alajaran+konvensional%2C+dan+kelas+dengan+pembelajaran+Learning+Cycle+3E+memiliki%0D%0Apenguasaan+konsep+yang+lebih+rendah+dibandingkan+kelas+dengan+pembelajaran%0D%0Akonvensional.+Hal+ini+menunjukkan+bahwa+pembelajaran+Learning+Cycle+3E%0D%0Aefektif+dalam+meningkat-kan+keterampilan+mengelompokkan+tetapi+kurang+efektif%0D%0Adalam+penguasaan+konsep.%0D%0AKata+kunci%3A+Learning+Cycle+3E%2C+keterampilan+mengelompokkan+dan+penguasaan%0D%0Akonsep&rft.date=2012-08-13&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F1%2F1.%2520COVER.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F2%2F2.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F3%2F3.%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F4%2F4.%2520Persetujuan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F5%2F5.%2520MENGESAHKAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F6%2F6.%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F7%2F7.%2520RIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F8%2F9.%2520PERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F9%2F10.%2520MOTTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F10%2F11.%2520SANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F11%2F12.%2520Daftar%2520Isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F12%2F13.%2520Daftar%2520Tabel.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F13%2Fbab%2520i.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F14%2Fbab%2520ii.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F15%2Fbab%2520iii.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F16%2Fbab%2520iv.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F17%2Fbab%2520v.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++0853023053%2C+Sulis+Setyowati++(2012)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+LEARNING+CYCLE+3E+PADA+MATERI+REAKSI+OKSIDASI-REDUKSI+UNTUK+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+MENGELOMPOKKAN+DAN+PENGUASAAN+KONSEP+PADA+SISWA.++UNSPECIFIED.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8977%2F