%0 Generic %A MUHAMMAD, IHSAN AL- MU’AZZAY %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89796 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, PERSENTASE PENAWARAN SAHAM, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2022 – 2023 %U http://digilib.unila.ac.id/89796/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reputasi underwriter, persentase penawaran saham, dan ukuran perusahaan terhadap tingkat underpricing saham. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi yang digunakan adalah perusahaan yang melakukan IPO (initial Public Offering) di Bursa Efek Indonesia periode 2022-2023, jumlah populasi sebanyak 134 perusahaan dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 perusahaan yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi dengan tingkat signifikansi alpha 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial variabel reputasi underwriter, persentase penawaran saham, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing saham. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel reputasi underwriter, persentase penawaran saham, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing saham. Kata Kunci: Reputasi underwriter, persentase penawaran saham, ukuran perusahaan, underpricing.