creators_name: MERLIANA , PRATIWI creators_id: 2116051048 type: other datestamp: 2025-06-27 08:51:06 lastmod: 2025-06-27 08:51:06 metadata_visibility: show title: PENGARUH KESADARAN MEREK, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEREMPUAN MEMBELI PRODUK SKINCARE DI TIKTOK (Studi Pada Perempuan Gen Z di Bandar Lampung) ispublished: pub subjects: 300 subjects: 320 full_text_status: restricted abstract: Perkembangan teknologi digital yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pemasaran, di mana TikTok kini berperan tidak hanya sebagai media hiburan, tetapi juga menjadi alat pemasaran yang efektif. Platform ini juga dimafaatkan sebagai ruang interaksi antara merek dan konsumen dalam mencari informasi dan mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, celebrity endorsement dan online customer review terhadap keputusan perempuan membeli skincare di TikTok (studi pada perempuan Gen Z di Bandar Lampung). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perempuan Gen Z di Kota Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner kepada 97 responden. Teknik analisis data yang digunakan mencakup, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Data dianalisis secara statistik deskriptif menggunakan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kesadaran merek, celebrity endorsement dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara simultan kesadaran merek, celebrity endorsement dan online customer review berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan keputusan pembelian dapat dicapai melalui strategi digital marketing yang mencakup penguatan kesadaran merek, pemanfaatan celebrity endorsement yang relevan, serta pengelolaan ulasan pelanggan secara optimal di TikTok. Kata Kunci: Kesadaran Merek, Celebrity Endorsement, Online Customer Review, Keputusan Pembelian. date: 2025-06-20 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: MERLIANA , PRATIWI (2025) PENGARUH KESADARAN MEREK, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEREMPUAN MEMBELI PRODUK SKINCARE DI TIKTOK (Studi Pada Perempuan Gen Z di Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/89814/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89814/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89814/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf