title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA creator: ERVINA FARAHNAZ, SIMATUPANG subject: 370 Pendidikan subject: 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam subject: 510 Matematika description: Kemampuan berpikir kritis matematis adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang penting dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 33 Bandar Lampung sebanyak 192 siswa yang terdiri atas 6 kelas, yaitu kelas VIII-A sampai VIII-F. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh siswa kelas VIII-D sebanyak 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-B sebanyak 27 siswa sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang didapat dari pretest dan posttest berbentuk uraian. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji Mann Whitney U, diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Guided Inquiry lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model Guided Inquiry berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-06-03 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89821/1/Abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89821/2/Skripsi%20Tanpa%20Pembahasan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89821/3/Skripsi%20Full.pdf identifier: ERVINA FARAHNAZ, SIMATUPANG (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/89821/