<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO"^^ . "Latar belakang dari penelitian ini yaitu, siswa pernah membatalkan\r\npembelian di shopee saat menemui rating dan review produk yang buruk. Selain\r\nitu, siswa akan mempertimbangkan kembali dalam melakukan keputusan\r\npembelian di Shopee setelah melihat dan membaca rating dan review.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer rating\r\ndan online customer review terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan\r\npembelian pengguna aplikasi e-commerce Shopee di kalangan siswa kelas XI MAS\r\nAl-Muhsin Putri Metro. penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif\r\ndengan pendekatan ex post facto dan survey.\r\nPengambilan sampel pada penelitian yaitu berbasis populasi atau lebih\r\ndikenal dengan sampling jenuh, yang berjumlah 80 siswa. Teknik pengumpulan\r\ndata pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner, kemudian untuk\r\npengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (path Analysis), yang diolah\r\nmenggunakan program SPSS.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan online\r\ncustomer rating, online customer review, dan keputusan pembelian terhadap\r\nkepuasan konsumen.\r\nKata Kunci : E-Commerce, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian, Online\r\nCustomer Rating, Online customer review\r\n\r\nThe background of this study is that students have canceled purchases on Shopee\r\nwhen they encounter bad product ratings and reviews. In addition, students will\r\nreconsider making purchasing decisions on Shopee after seeing and reading ratings\r\nand reviews. This study aims to determine the effect of online customer ratings and\r\nonline customer reviews on consumer satisfaction through purchasing decisions of\r\nShopee e-commerce application users among class XI students of MAS Al-Muhsin\r\nPutri Metro. This study uses a descriptive verification method with an ex post facto\r\nand survey approach. The sampling in this study was population-based or better\r\nknown as saturated sampling, totaling 80 students. The data collection technique in\r\nthis study used a questionnaire, then for hypothesis testing using path analysis,\r\nwhich was processed using the SPSS program. The results of this study indicate that\r\nthere is a simultaneous influence of online customer ratings, online customer\r\nreviews and purchasing decisions on consumer satisfaction.\r\nKeywords: Consumer Satisfaction, E-Commerce, Online Customer Rating, Online\r\nCustomer Review, Purchasing Decisions"^^ . "2025-06-10" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "Saputri "^^ . "Annisa Anggun Dwi "^^ . "Saputri Annisa Anggun Dwi "^^ . . . . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER\r\nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN\r\nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE\r\nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #89834 \n\nPENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER \nREVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN \nPEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE \nDI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO\n\n" . "text/html" . . . "300 Ilmu sosial" . . . "330 Ekonomi" . . . "407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa" . .