?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2113053226&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM-BASED+LEARNING+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+IPAS+PESERTA+DIDIK+KELAS+3+SEKOLAH+DASAR&rft.creator=Ardila+Yuliana%2C+Putri&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=372+Pendidikan+dasar&rft.description=Permasalahan+penelitian+ini+adalah+rendahnya+hasil+belajar+peserta+didik+kelas+3+pada+pembelajaran+Ilmu+Pengetahuan+Alam+dan+Sosial.+Tujuan+dari+penelitian+ini+yaitu+untuk+mengetahui+pengaruh+model+Problem+Based+Learning+terhadap+hasil+belajar+IPAS+peserta+didik+kelas+3+Sekolah+Dasar.+Metode+yang+digunakan+yaitu+metode+eksperimen+dengan+desain+penelitian+non-equivalent+control+group+design.+Populasi+penelitian+ini+meliputi+seluruh+peserta+didik+kelas+3A+dan+3B+sebanyak+50+orang%2C+dan+sampel+yang+digunakan+adalah+sampel+jenuh.+Teknik+pengumpulan+data+dilakukan+dengan+teknik+tes+dan+non+tes+berupa+lembar+observasi+yang+divalidasi+terlebih+dahulu.+Pengujian+hipotesis+menggunakan+uji+regresi+linier+sederhana+menunjukkan+hasil+yang+signifikan.+Dengan+demikian%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+terdapat+pengaruh+yang+signifikan+dari+penggunaan+model+Problem+Based+Learning+terhadap+hasil+belajar+IPAS+peserta+didik+kelas+3+SD+Negeri+1+Metro+Timur+secara+menyeluruh+dan+positif.&rft.publisher=Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2025-06-03&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89836%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89836%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89836%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Ardila+Yuliana%2C+Putri++(2025)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM-BASED+LEARNING+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+IPAS+PESERTA+DIDIK+KELAS+3+SEKOLAH+DASAR.++Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89836%2F