%A Putri Ardila Yuliana %T PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR %X Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas 3 pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas 3 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini meliputi seluruh peserta didik kelas 3A dan 3B sebanyak 50 orang, dan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi yang divalidasi terlebih dahulu. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana menunjukkan hasil yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas 3 SD Negeri 1 Metro Timur secara menyeluruh dan positif. %D 2025 %C Universitas Lampung %R 2113053226 %I Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints89836