creators_name: Ardila Yuliana, Putri creators_id: 2113053226 type: other datestamp: 2025-06-30 02:19:47 lastmod: 2025-06-30 02:19:47 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas 3 pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas 3 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini meliputi seluruh peserta didik kelas 3A dan 3B sebanyak 50 orang, dan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi yang divalidasi terlebih dahulu. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana menunjukkan hasil yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas 3 SD Negeri 1 Metro Timur secara menyeluruh dan positif. date: 2025-06-03 date_type: published publisher: Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung id_number: 2113053226 citation: Ardila Yuliana, Putri (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/89836/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89836/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89836/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf